Breaking News

Sosialisasi Pelatihan Tim Penggerak Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Kota Palangka Raya tahun 2019

Perencanaan dan Penganggaran Responsif GenderDISDALDUKKBP3A, Ir. Kandarani Ass. III Bidang Administrasi Umum Kota Palangka Raya Mewakili Walikota Palangka Raya membuka secara resmi Sosialisasi  dan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Selasa,(26/11/19) di  gedung Aula BP-PAUD DIKMAS Provinsi Kal-Teng.

Acara sosialisasi dan pelatihan diinisiasi oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palangka Raya diikuti oleh seluruh Kepala OPD Kota Palangka Raya selaku anggota Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Selanjutnya, Pejabat Pengelola Perencanaan dan Anggaran masing-masing OPD serta Tim Penggerak Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Kota Palangka Raya tahun 2019.

Di awal sambutannnya Ass. III Bidang Administrasi Umum Kota Palangka Raya mengatakan, Pemerintah Daerah diamanatkan untuk melaksanakan strategi pembangunan dengan mengintegrasikan gender menjadi satu kesatuan dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pembangunan di daerah.

“Pelaksanaan pembangunan oleh Pemerintah Daerah, harus memberikan kesempatan dan hak-hak yang sama buat laki-laki dan perempuan agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, social, budaya, pertahanan keamanan dalam mengaktualisasikan ”.

Lanjutnya, langkah awal mewujudkan dan mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender dilingkungan Pemerintah Daerah, dengan mengakomodir isu gender mulai dari tahap perencanaan hingga penyediaan alokasi anggaran pada program dan kegiatan Pembangunan Daerah.

“Pasca Sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan setiap OPD akan mempunyai cara pandang yang posisitif tentang isu gender dan pada gilirannya mampu merumuskan dan mewujudnyatakan isu gender dalam rencana kerja OPD setiap tahun”,.

Sebelumnya ketua pelaksana sosialisasi Kepala DISDALDUKKBP3A Kota Palangka Raya Drs. Sahdin Hasan melaporkan,  sosialisasi  dan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender dilaksanakan selama 1 hari.

“Kita menampilkan 3 orang narasumber yaitu, Helsianita dari Kemen PP dan PA RI, Mariana dari Dinas Dalduk KB,P3A Prov. Kalteng dan Ir. Kristub Subur, MT dari BAPPEDA Kota Palangka Raya”, tambah Kepala DIDALDUKKBP3A Kota Palangka Raya Drs. Sahdin Hasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*